home  /  Wisata Jawa Barat

Wisata Jawa Barat

Jawa Barat terletak di antara 5°50 - 7°50 LS dan 104°48 - 104°48 BT dengan sebelah utara berbatasan dengan laut Jawa, bagian barat dengan Banten, serta DKI Jakarta di utara, sebelah timur berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah, antara samudra Indonesia di selatan, dan selat Sunda di barat. Dengan daratan dan pulau-pulau kecil (48 pulau di samudera Indonesia, 4 pulau di laut Jawa, 14 pulau di teluk Banten dan 20 pulau di selat Sunda), luas wilayah Jawa Barat adalah 34.816,96 km². Kondisi geografis yang strategis ini merupakan keuntungan bagi daerah Jawa Barat terutama dari segi komunikasi, perhubungan, dan pariwisata.

Pariwisata Jawa barat memeiliki potensi untuk dikembangkan. Daerah ini memiliki obyek wisata yang beragam baik wisata alam, budaya maupun sejarah. Wisata alam antara lain kawasan Puncak, Salabintana, Lembang, Tangkuban Perahu, Gunung Papandayan, Kebun Raya Bogor, Taman Hutan Juanda di Bandung, Taman Nasional Gunung Gede dan Pangrango, Taman Nasional Ujung Kulon, pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Pantai Pangandaran di Ciamis, dan Carita di Anyer. Wisata budaya antara lain Candi Cangkuang di Leles, Garut, Perkampungan Baduy dan Sisingaan Tasikmalaya, serta wisata sejarah seperti keraton Kasepuan Cirebon, Banten Lama di kampung Naga Serang, peninggalan sejarah zaman batu (Megalitikum) di Cipari, Kuningan, dan peneropongan bintang Boscha di Bandung. Jumlah hotel dan penginapan tahun 1997 adalah 1.262 hotel, dengan kapasitas kamar 37.094 buah. Di luar tempat wisata yang disebutkan itu, masih banyak obyek wisata lainnya di Jawa Barat.

Jawa Barat juga dikenl dengan wisata budayanya. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki perilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Tatanan kehidupannya lebih mengedepankan keharmonisan seperti tergambar pada pepatah; "Herang Caina Beunang Laukna" yang berarti menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru atau prinsip saling menguntungkan. Masyarakat Jawa Barat memiliki komitmen yang kuat terhadap nilai-nilai kebajikan. Hal ini terekspresikan pada pepatah "Ulah Unggut Kalinduan, Ulah Gedag Kaanginan"; yang berarti konsisten dan konsekuen terhadap kebenaran serta menyerasikan antara hati nurani dan rasionalitas, seperti terkandung dalam pepatah "Sing Katepi ku Ati Sing Kahontal ku Akal", yang berarti sebelum bertindak tetapkan dulu dalam hati dan pikiran secara seksama.

Share ! - MediaTours.Info - Informasi Wisata Indonesia



Jawa Tengah

Jawa Tengah, banyak memliki objek wisata yang menawan, baik wisata sejarah, maupun wisata alam.

Wisata Bali

Bali adalah tujuan wisata Indonesia yang menjadi favorit wisata dunia. Memiliki karakteristik yang kuat.

Wisata Jakarta

Jakarta adalah ibu kota Indonesia, sebagai kota metropolitan Jakarta banyak memiliki tujuan wisata.

Bangka Belitung

Bangka Belitung, Pulau yang kaya akan potensi wisata dengan keindahan alam maupun keindahan pantainya.