home  /  Wisata Jawa Timur

Wisata Jawa Timur

Jawa Timur merupakan wilayah paling timur pulau Jawa dan merupakan Jawa ketiga mempunyai daya tarik tersendiri dan memiliki berbagai tempat tempat pariwisata yang mempesona. Kawah gunung berapi, pantai yang tenang, suaka margasatwa, kompleks candi yang terawat baik dan penduduk yang berwarna-warni dan bersahabat membuat Jawa Timur menjadi sebuah tujuan "Petualangan yang Lembut" dan pengalaman yang tak terlupakan. Terletak di antara 7 ° 12 ' dan 8 ° 48' Lintang Selatan dan membentang dari 110 ° 52 'ke 114 ° 42' bujur timur. Dua sepertiga area adalah pegunungan dan perbukitan dengan lereng yang memiliki sekitar 48 gunung dengan puncak tertinggi Gunung Semeru sebagai yang tertinggi di Jawa. Dua sungai besar yang melintasi Jawa Timur adalah Sungai Brantas dengan panjang 314 km, dan Bengawan Solo sekitar 540 km. Sungai Brantas yang luas mengikuti jalur melingkar melalui lahan padi tua dan subur dari bagian Timur Jawa Tengah. Dengan luasnya sekitar 48,000 kilometer persegi termasuk Pulau Madura, Jawa Timur menempati lebih dari sepertiga dari total tingkatan pulau Jawa. Dan dengan populasi hampir 33.000.000 penduduk, menjadikan Jawa Timur daerah terpadat di Indonesia. Ke arah Timur, di seberang selat sempit Bali terletak pulau Bali, ke arah Barat Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, ke arah Utara adalah Laut Jawa dan ke arah Selatan adalah Samudera Hindia.

Jawa Timur juga terkenal dengan wisata sejarah karena secara historis, dari abad ke-10 hingga abad ke-13, kerajaan-kerajaan besar pada masa itu - Kediri, Singasari dan Majapahit - telah mewariskan warisan yang kaya candi seni, sastra, musik dan drama. Kerajaan Majapahit muncul di 1292. Selain mendominasi seluruh nusantara, otoritasnya juga menutupi Malay-peninsula dan sebagian dari Filipina.

Jawa Timur dikenal dengan wisata Vulkanik karena Jawa Timur merupakan lokasi Gunung Bromo, vulkanik besar yang terpencil menawarkan matahari terbit paling spektakuler di Asia Tenggara. Kaldera sepanjang 10 km, dengan dua puncak timbul dari lantai kawah berpasir, Bromo adalah suatu pengalaman yang tak terlupakan. Sekarang dengan hotel yang nyaman dan jarak tempuh yang singkat, Bromo menjadi semakin populer dan menjadi sebuah surga wisata. Namun, bahkan tur kelompok yang padat tidak dapat mengurangi keagungan matahari terbit musim kemarau atas bibir kawah. Sebagai seratus nuansa cat merah langit tak berujung, dunia terdiam menyimpan peluit tenang angin dingin fajar melewati batu dan pasir gundul. Disamping Bromo, Jawa Timur yang Berlokasi tepat di Cincin Api, banyak memiliki puncak gunung berapi seperti; Gunung Semeru terletak 20 km sebelah selatan dari Bromo. Lebih tinggi dan lebih aktif daripada Bromo, Semeru dianggap oleh orang Jawa sebagai tempat tinggal para Dewa, setara dengan Gunung Meru di India. Gunung Semeru memiliki panorama yang indah dan menakjubkan.

Wisata Perkebunan dan wisata Kuliner juga salah satu objek wisata di Jawa Timur. Perkebunan tebu dan kopi menyelimuti Jawa Timur selama era kolonial. Banyak dari perkebunan lama masih memproduksi dan beberapa perkebunan masih menggunakan metode teknologi zaman kolonial. Pekerja pabrik dan tebu panen dengan alat-alat tangan saja. Lokomotif uap tua kecil meletus di sepanjang jalan pulang, menarik muatan tebu yang setara dengan mobil kedalam kilang-kilang tebu tua yang telah usang. Hanya beberapa perkebunan yang menerima pengunjung yang menginap, menawarkan pondok-pondok yang bersih dan nyaman, tur saat subuh melalui lahan tanaman dan sarapan ala pedesaan.

Share ! - MediaTours.Info - Informasi Wisata Indonesia



Jawa Tengah

Jawa Tengah, banyak memliki objek wisata yang menawan, baik wisata sejarah, maupun wisata alam.

Wisata Bali

Bali adalah tujuan wisata Indonesia yang menjadi favorit wisata dunia. Memiliki karakteristik yang kuat.

Jawa Barat

Keindahan alam yang eksotis sebagai karakter wisata Jawa Barat yang unik, damai, segar dan berkesan.

Bangka Belitung

Bangka Belitung, Pulau yang kaya akan potensi wisata dengan keindahan alam maupun keindahan pantainya.